Adaptasi

Pembelajar lintas minat

Definisi 

Adaptasi adalah penyesuaian diri  terhadap lingkungannya. Kemampuan beradaptasi berperan penting dalam kehidupan agar terhindar dari ancaman kepunahan, menghindari peredator sehingga dapat tetap bertahan hidup.

Adaptasi disebut juga sebagai penyesuaian diri baik itu melalui genetik ataupun habitat. Tak hanya untuk bertahan hidup, adaptasi merupakan ciri khas yang dilakukan untuk berlindung dari musuh bahkan cara reproduksi. 

Jenis Adaptasi

1. Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi adalah jenis adaptasi berdasarkan struktur tubuh terhadap lingkungannya. Contoh adaptasi ini mudah dilihat karena tampak dari luar, seperti jenis paruh dan kaki burung, ragam tipe mulut serangga, aneka jenis akar, batang, dan daun pada tumbuhan.

Jika diperhatikan, burung memiliki kaki yang berbeda dimana hal ini menyesuaikan dengan tempat hidup dan jenis mangsa yang dimakan. Selain itu kaktus umumnya beradaptasi dengan daun yang kecil untuk mengurangi penguapan dan batang yang tebal untuk cadangan air.

2. Adaptasi Fisiologis

Adaptasi fisiologis adalah jenis adaptasi berdasarkan fungsi kerja organ tubuh. Adaptasi fisiologi bersifat reversibel atau bisa kembali ke kondisi semula.

Contohnya bebek yang dapat hidup di tempat berair dengan kaki yang lebar dan berselaput. Kaki tersebut berguna untuk mempermudah berenang di air dan tidak terperosok ke lumpur. Selain itu, ular yang dapat memakan mangsa lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Hal ini karena rahang ular bagian atas dan bagian bawah mampu terbuka lebar untuk menelan mangsa yang besar. Terlebih, ular memakan mangsanya tanpa dikunyah, melainkan ditelan langsung.

3. Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku mudah kita amati bahkan mungkin tanpa sadar kita sendiri sebagai manusia melakukannya untuk kelangsungan hidup. Jenis adaptasi ini mengubah tingkah laku agar sesuai dan dapat diterima di lingkungan baru.

Jadi, singkatnya adaptasi adalah cara bertahan hidup yang dilakukan suatu makhluk hidup atau organisme .

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.